Konversi Nilai Berkeadilan

Rabu, 05 Desember 2018

Mengonversi nilai sudah biasa menjadi praktek persekolahan. Konversi nilai berkeadilan wajib dilakukan agar perbandingan capaian siswa mewakili keadaan nyata. Kegiatan akhir semester pihak guru sudah pasti sibuk dengan penilaian akhir semester (PAS).

Mengolah nilai dari berbagai kegiatan pembelajaran selama satu semester. Mengolah nilai mulai dari penilaian harian (PH), tugas-tugas, hingga hasil PAS untuk dijadikan nilai rapor jadi.

Berikut ini berkas (file) Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk membatu guru untuk mengonversi nilai yang berkeadilan beserta petunjuk penggunaanya. Silakan unduh (download) dari tautan di bawah kiriman ini.


Proses pengolahan hingga diperoleh angka yang siap ditulis pada laporan penilaian diperlukan perhitungan yang benar. Ini idealnya. Walau begitu tetap perlu penyesuaian agar angka penilaian tidak di bawah KBM (ketuntasan belajar minimal). KBM ini istilah baru dari KKM (kriteria ketuntasan minimal).



Bila siswa tidak memenuhi KBM maka kewajiban guru adalah melakukan proses remidial. Remedial ini merupakan hal lazim, pengulangan pembelajaran dan penilaian hingga setiap siswa tuntas untuk setiap kompetensi.

Faktanya banyak praktek meski dilakukan remidi hasilnya masih belum mencapai target. Bila ada kebijakan yang menghendaki agar tujuan siswa bisa mencapai ketuntasan maka diperlukan adaptasi atau penyesuaian. Untuk itulah agar semua siswa peroleh capaian berkeadilan perlu dibuat rumusan agar dapat dilaksanakan.

Teknisnya dapat dilihat pada berkas terlampir. Skenario gampangnya adalah dengan menentukan ambang batas angka KBM serta sebaran keadaan sesungguhnya. Sebaran angka nyata disesuaikan dengan angka sebaran KBM.

Prosedurnya:
  1. Siapkan nilai akhir (final) asli, apa adanya tanpa modifikasi.
  2. Salin nama peserta didik dan nilai akhir mentah (asli).
  3. Tetapkan nilai minimal jadi (biasa ini menyesuaikan KBM/KKM)
  4. Tetapkan nilai maksimal jadi. (ini menjadi nilai tertinggi yang akan didapat siswa)
  5. Salin nilai jadi (hasil konversi)
  6. Tempatkan (tempel/paste) nilai jadi ini pada lembar kerja yang baru atau yang sudah disiapkan, dengan klik kanan, >> Paste Option >> Value.

Bagi yang paham prosedur kerja microsoft excel dapat melakukan modifikasi lebih lanjut. Yang tidak paham langsung gunakan seperti prosedur di atas.





Adaptasi per-KD
Bagi rekan guru yang membutuhkan adaptasi hasil akhir dengan data-data sebelumnya sebaiknya menyiapkan juga penyesuaian seperti berkas berikut.

Pilih SHEET sesuai jumlah KD yang tersedia. Isikan nilai rata-rata yang diharapkan pada kolom berwarna hijau (hapus isian contoh yang ada pada kolom warna hijau lebih dulu), nilai per-KD akan ditampilkan secara acak.

Jangan mengubah hal lain selain pada kolom warna hijau yang disarankan. Hati-hati dengan ambang batas bawah dan batas bawah jika ingin mengadaptasi. Jika semua sudah beres, silakan kopi, kemudian paste special >> value di sheet lain.

Karena ini sifatnya random, hasil ini harus disalin ke sheet lain dan paste as value. Hasil inilah yang akan digunakan lebih lanjut. Data hasil paste as value ini tidak akan berubah lagi.



Demikian konversi nilai dan adaptasi nilai per KD. Bila diperlukan silakan modifikasi, tanpa perlu izin.
Bagikan di
 
Copyright © 2015-2018 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info