Bedah Kisi-kisi UN Kimia 2019 - Bagian Kimia Organik

Minggu, 02 Desember 2018

Bedah kisi ujian nasional (UN) Kimia 2018/2019 di sini sebatas memberikan petunjuk peluang yang muncul saja. Tidak diberikan contoh soal. Terlalu banyak kemungkinan untuk model soal. Sebaiknya dapat menyimak contoh soal yang terdapat pada pembahasan soal UN tahun sebelumnya atau melihat lebih teliti pada buku ajar yang digunakan selama ini. Bertutut-turut akan dibedah setiap bagian kimia (kimia dasar, kimia analitik, kimia fisika, kimia organik, kimia anorganik).

Penomoran kisi ini untuk memudahkan perujukan dalam setiap bedah kisi. Penomoran kisi-kisi hasil tata ulang dari kisi-kisi UN Kimia 2019 BSNP dapat diakses dari tautan ini. Kisi-kisi USBN Kimia 2019 juga tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi UN 2019 ini. Oleh karena itu untuk USBN juga dapat mengacu pada bedah kisi di sini. Bedah kisi ini akan dilakukan pembaharuan lebih lanjut.

Peserta didik mampu memahami, mengaplikasikan pengetahuan serta menggunakan nalar berkaitan dengan:

Kimia Organik Kisi-29
Proses pembentukan, pemisahan fraksi minyak bumi dan dampak pembakaran hidrokarbon.
Contoh soal dari UN Kimia 2018:
Contoh soal UN Kimia 2017:


Kimia Organik Kisi-30
Pengenalan struktur dan tata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkil halida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya.
  • Kisi ini ada kemungkinan digabung dengan kisi lain seperti dengan kisi-30, ada penentuan struktur, isomer, dan tata namanya.

  • Contoh tata nama turunan benzena:



Kimia Organik Kisi-31
Isomer senyawa karbon: rantai (cabang), posisi, fungsi, geometri, dan optis (kiral).
  • Mempelajari jenis-jenis isomer dalam senyawa organik relatif banyak macamnya.

    Isomer struktur adalah rumus kimia sama tetapi rumus strukturnya berbeda; isomer posisi, molekul yang memiliki rumus kimia sama, gugus fungsi sama, tetapi letak gugus fungsinya yang berbeda-beda; isomer fungsi, molekul yang memiliki rumus kimia sama tetapi gugus fungsi berbeda seperti pada alkohol dengan eter, aldehid dengan alkanal; isomer geometri, rumus kimia sama, gugus fungsi sama hanya orientasi ruang masing-masing gugus fungsi yang berbeda, seperti isomer cis dan trans; isomer optis (kiral), terjadi pada molekul yang memiliki C kiral (atom C yang mengikat 4 gugus yang berbeda).

    Mencermati bagian perbagian dalam struktur yang disajikan dalam bentuk gambar menjadi kunci, selain hafalan berupa data identifikasinya serta penamaan masing-masing molekul yang disajikan.

  • Contoh UN Kimia 2018




Kimia Organik Kisi-32
Sifat khas senyawa karbon (geometri: ikatan jenuh (C sp3), ikatan tak jenuh (C sp2 atau sp); sifat kimia; reaksi kondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksi identifikasi).
  • Kisi ini sangat luas cakupannya. Bila dicermati trend selama ini biasanya tidak jauh dari contoh soal UN tahun-tahun sebelumnya. Bila rencana soal dibuat relatif lebih sulit maka sesuai kisi ini bisa dikombinasikan dengan topiks kontekstual sesuai keseharian.

  • Teoritis yang kemungkinan muncul adalah mengenai geometri molekul, serta identifikasi penentuan atom C dengan hibridasi tertentu (C spberikatan jenuh, semua ikatan tunggal, C sp2 atom C berikatan tak jenuh atau ikatan rangkap (dobel) atau C sp berikatan rangkap tiga (triple))

  • Identifikasi jenis-jenis reaksi dalam kimia organik:
    • Reaksi adisi, ditandai dengan perubahan jenis ikatan dari rangkap menjadi berikatan tunggal atau dari ikatan tripel menjadi ikatan rangkap atau ikatan tunggal.
    • Reaksi eliminasi yang merupakan kebalikan dari reaksi adisi .
    • Reaksi substitusi reaksi pertukaran spesi, atom atau gugus fungsi. 
    • Reaksi kondensasi, reaksi yang penggabungan 2 molekul atau lebih sambil melepaskan molekul kecil lainnya.
    • Reaksi hidrolisis dalam kimia organik, secara sempit dapat diartikan kebalikan dari reaksi esterfikasi (pembentukan ester dari asam alkanoat dengan alkohol).


Contoh reaksi identifikasi gugus tertentu pada suatu senyawa, soal UN Kimia 2017.


Kimia Organik Kisi-33
Struktur, sifat, dan kegunaan makromolekul alami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produk polimerisasi adisi dan kondensasi).

  • Pada UN Kimia 2018 yang muncul adalah reaksi-rekasi pembentukan polimer dari monomernya seperti yang di tampilkan pada contoh di bawah ini.

  • Ada kemungkinan tahun ini beralih pada reaksi makromolekul pada protein yang melibatkan pembentukan atau penguraian protein menjadi asam-asam amino yang lebih kecil. Fokusnya biasa adalah pada ikatan peptida.

  • Ada kemungkinan juga terkait peruraian (dehidrasi) disakarida atau polisakarida menjadi monomernya, misal dari 1 molekul maltosa terpecah menjadi 2 glukosa, 1 molekul sukrosa (gula tebu) terpecah menjadi glukosa dan fruktosa, laktosa terpecah menjadi glukosa dan galaktosa.



Hasil bedah kisi-kisi ini sangat subjektif tidak ada jaminan bahwa ini pasti akan keluar dalam soal UN kimia 2019. Seperti pada UN Kimia tahun lalu juga terdapat kisi-kisi soal tanpa memiliki perwakilan soal. Mempersiapkan diri sedini mungkin akan membuat segalanya lebih ringan. Bila diperlukan kelak akan dilakukan pembaharuan.
Bagikan di
 
Copyright © 2015-2018 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info