Bedah Kisi-kisi UN Kimia 2019 - Bagian Kimia Anorganik

Minggu, 02 Desember 2018

Bedah kisi ujian nasional (UN) Kimia 2018/2019 di sini sebatas memberikan petunjuk peluang yang muncul saja. Tidak diberikan contoh soal. Terlalu banyak kemungkinan untuk model soal. Sebaiknya dapat menyimak contoh soal yang terdapat pada pembahasan soal UN tahun sebelumnya atau melihat lebih teliti pada buku ajar yang digunakan selama ini.

Bertutut-turut akan dibedah setiap bagian kimia (kimia dasar, kimia analitik, kimia fisika, kimia organik, kimia anorganik). Penomoran kisi ini untuk memudahkan perujukan dalam setiap bedah kisi. Penomoran kisi-kisi hasil tata ulang dari kisi-kisi UN Kimia 2019 BSNP dapat diakses dari tautan ini. Kisi-kisi USBN Kimia 2019 juga tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi UN 2019 ini. Oleh karena itu untuk USBN juga dapat mengacu pada bedah kisi di sini.

Peserta didik mampu memahami, mengaplikasikan pengetahuan serta menggunakan nalar berkaitan dengan:

Kimia Anorganik Kisi-34
Sifat periodik (jari-jari, energi ionisasi, keelektronegatifan, afinitas elektron, sifat asam-basa dan logam-nonlogam).
  • Format soal untuk kisi-34 ini biasanya membandingkan atau menyimpulkan beberapa data untuk sifat-sifat periodik.

  • Analisis trend atau kecenderungan sifat periodik lain dapat diawali dari jari-jari atom. Tinjauan bisa dari atas ke bawah  (atau sebaliknya)  dalam satu golongan, bisa pula dari kiri ke kanan  (atau sebaliknya) dalam satu periode.

  • Sifat logam sejalan dengan tren jari-jari atom, jari-jari semakin besar sifat logam unsur semakin bertambah. Sifat nonlogam berlawanan dengan tren jari-jari atom, jari-jari semakin kecil sifat nonlogam semakin bertambah.

  • Sifat asam (bila membentuk unsur dapat asam), unsur segolongan dari atas ke bawah sifat asamnya semakin kuat, unsur seperiode dari kiri ke kanan sifat asamnya juga meningkat.

  • Bisa unsur tidak diketahui biasanya soal akan diintegrasikan dengan kisi nomor lain, misal diketahui nomor atom saja kemudian harus menentukan unsur segolongan atau seperiode kemudian baru dianalisis untuk ditentukan tren dari sifat-sifat periodiknya.

  • Ada bahasan tentang sifat periodik ini pernah dibahas di blog ini khusus tentang energi ionisasi.

  • Contoh soal UN Kimia 2017:

Soal lain dari UN 2017



Kimia Anorganik Kisi-35
Jenis-jenis ikatan kimia serta sifat fisika yang menyertainya (titik leleh, titik didih, daya hantar padatan, lelehan dan larutan).

  • Ikatan kimia ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen polar, ikatan kovalen nonpolar, dapat menganalisis data dari sifat-sifat fisika kemudian menyimpulkan jenis senyawa atau ikatan pada senyawa tersebut. Kadang dikombinasi dengan kisi tentang uji daya hantar listrik.

  • Sifat khas senyawa ionik, biasa titik leleh, titik didih tinggi, dapat menghantar arus listrik ketika dalam bentuk larutan atau leburan, tetapi tidak dapat menghantar arus listrik dengan baik ketika dalam bentuk padat/kristal (penyebabnya karena begitu kuatnya ikatan dalam kisi kristal).

  • Tentang jenis ikatan kimia silakan simak tutorial di sini.

  • Contoh soal UN Kimia 2018:


Soal UN 2017 juga


Kimia Anorganik Kisi-36
Geometri molekul (melalui teori VSEPR atau struktur ikatan Lewis, dan domain elektron).
  • Penentuan struktur Lewis, bentuk molekul dapat digabung dengan kisi soal lain seperti konfigurasi elektron.

  • Untuk bentuk molekul sebaiknya memahami betul aturannya melalui hibridasi beserta bentuk molekul dasarnya. Di blog ini juga tersedua tutorial mengenai metode cepat dan praktis untuk sekadar memprediksi bentuk molekul. Klik di sini

  • Contoh soal UN Kimia 2018:








Kimia Anorganik Kisi-37
Hubungan interaksi antarmolekul (dipol, London, dan ikatan hidrogen) dengan titik didihnya.
  • Peluang tentang gaya antarmolekul bisanya adalah perbandingan antara molekul-molekul untuk mengurutkan atau membandingkan mana yang memiliki sifat fisik (titik didih) berdasar pengaruh gaya antarmolekul.

  • Tentang interaksi antarmolekul sebaiknya menyimak tutorial skematik disertai contoh soal dan solusinya di blog ini sehingga lebih mudah dipahami dan diingat.

  • Untuk ikatan hidrogen yang hanya terjadi pada molekul yang di dalamnya mengandung ikatan O dengan H, atau N dengan H atau F dengan H. Ikatan hidrogen ini terjadi antara molekul satu dengan molekul yang lain, bukan dalam molekul. Perhatikan tren ikatan hidrogen untuk molekul dari unsur segolongan. 



Kimia Anorganik Kisi-38
Teori asam-basa (Arthenius, Bronsted-Lowry atau teori asam basa konjugasi dan Lewis).
  • Ada kemungkinan mengelompokkan jenis asam/basa menurut teori yang dipelajari selama ini dengan diberikan berupa data baik kontekstual maupun teori.

  • Perlu diingat pula tentang pengertian asam basa beserta irisannya. Asam/basa Arrhenius sebatas larutan zat yang dapat melepaskan ion hidrogen/ion hidroksida. Asam Bronted-Lowry berlaku lebih luas tidak harus pelarutnya air, syaratnya adalah adanya zat yang dapat melepas proton (H) dan ada zat yang siap menerima proton (H).

    Asam Lewis berlaku lebih luas tidak bergantung pada pelarut atau ada tidaknya atom H, teorinya adalah ada zat yang sanggup mendonorkan pasangan elektron dan ada spesi yang siap menerima pasangan elektron. Urutan cakupan teori asam: asam/basa Arrhenius lebih sempit dari asam/basa Bronsted-Lowry, asam/basa Lewis lebih luas dibanding teori asam basa sebelumnya.

  • Peluang yang mungkin adalah menentukan pasangan asam/basa konjugasi dari reaksi yang ada.

  • Contoh soal UN 2017:




Kimia Anorganik Kisi-39
Unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode-3, dan transisi periode-4 (sifat fisika, kimia atau reaktivitas, manfaatnya, dan prinsip pembuatannya).

  • Ini adalah pokok bahasan kimia unsur. Cakupannya sangat-sangat luas dapat terintegrasi dengan kisi-kisi lain. Mulai dari sifat periodik, sifat fisikan dan kimianya, serta manfaatkan untuk keseharian. Perbanyak membaca referensi untuk hal unik, terkenal seperti soal un tahun 2018 dan juga misalnya tentang logam-logam yang penggunaannya luas, seperti logam Al, Zn, K untuk pupuk bidang pertanian, penambahan asam tertentu pada kolam renang, penambahan tawas untuk penjernihan dan lain-lain.

  • Contoh soal UN Kimia 2018:




Kimia Anorganik Kisi-40
Manfaat dan pembuatan senyawa-senyawa anorganik penting dalam kehidupan sehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asam sulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengan cara laboratorium atau industri.

  • Bila sudah disebut begitu tinggal membuat rangkuman saja, tentang manfaat masing-masing zat dan bagaimana proses pembuatannya baik skala laboratorium maupun skala industri. Biasa dikombinasikan dengan kisi lain seperti pada soal di bawah ini.

  • Kajian kisi ini bisa meluas baik secara kualitatif maupun secara kunatitatif terkait kisi soal nomor lainnya.

  • Contoh soal UN Kimia 2018



Hasil bedah kisi-kisi ini sangat subjektif tidak ada jaminan bahwa ini pasti akan keluar dalam soal UN kimia 2019. Beda kisi ini tidak menutup kemungkinan setiap kisinya lebih dari satu soal dan kisi lain malah tidak ada soalnya. Mempersiapkan diri sedini mungkin akan membuat segalanya lebih ringan. Bila diperlukan kelak akan dilakukan pembaharuan.
Bagikan di
 
Copyright © 2015-2018 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info