Pemetaan Kisi-kisi UN Kimia 2019 dengan Penomoran

Jumat, 30 November 2018

Mencermati kisi-kisi ujian nasional (UN) kimia tahun 2019 (tahun pelajaran 2018/2019) dan juga USBN yang tidak terlalu beda jauh maka pada kiriman kali ini akan disajikan kisi-kisi dalam bentuk per-nomor. Agak sulit mencerna tabel kisi-kisi yang diberikan oleh BSNP itu. Semoga dengan bentuk seperti ini lebih mudah untuk dibaca.



Untuk setiap tingkatan (tingkat memahami, mengaplikasikan, dan menalar) ternyata tidak banyak berbeda. Oleh karena itu di sini dibuat menyatu. Dari analisis diperoleh peta nomor soal yang kira-kira berjumlah 40 butir soal. Dalam Soal UNBK biasanya soal-soal tidak berurutan namun dibuat acak, kecuali UNKP (juga USBN) biasanya relatif berurutan sebagaimana urutan isi kurikulum yang berlaku.

Pemetaan ini sekadar analisis dan tidak ada jaminan kebenaran terhadap fakta di soal UN yang akan datang. Ingat ini hanya perkiraan. Setiap nomor diprediksi akan terdapat beberapa kemungkinan, dapat berupa soal dengan tingkat memahami pengetahuan, dapat berupa soal dengan tingkat mengaplikasikan pengetahuan, maupun soal dengan tingkat penalaran yang semuanya dapat saja dalam konteks kehidupan sehari-hari atau skala industri.




Unduh Langsung Berkas pdf (Direct Download untuk File pdf)





Selamat mempersiapkan diri untuk menghadapi UN maupun USBN tahun 2019. Ingat UN bukanlah segalanya, setidaknya dapat digunakan untuk persiapan menghadapi SBMPTN atau tes lain untuk masuk perguruan tinggi. Anggap saja ini latihan tes masuk perguruan tinggi walau level dan kepentingan berbeda, setidaknya akan banyak kesamaan.
Bagikan di
 
Copyright © 2015-2018 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info