Cara Mudah dan Cepat Membuat Visual 3D Bentuk Molekul yang Bagus

Minggu, 11 November 2018

Menggambar bentuk molekul suatu senyawa dengan hasil yang bagus sebenarnya tidak sulit. Hanya dibutuhkan sedikit usaha untuk mendapatnya. Walau ada aplikasi untuk menggambar struktur molekul, seperti  ChemSketch, ChemDraw, MarvinSkecth, ada yang jauh lebih praktis dengan resolusi lebih bagus. Cukup menggunakan komputer sederhana semua dapat dilakukan. Bentuk molekulnya sudah pasti benar walau memulainya secara serampangan.
Ada otomatisasi untuk optimasi struktur molekul (3D Optimization Structure). Itu sudah lebih dari cukup untuk pembelajaran kimia SMA. Toh di tingkat dasar jarang menggunakan molekul yang rumit. Pada tulisan ini akan disajikan tutorial singkat. Cepat, praktis, dan hasilnya bagus.

Berikut ini tahap untuk mendapatkan struktur molekul yang bagus.
  1. Buka laptop/notebook dan hubungkan ke internet.
  2. Akses website molview.org.
  3. Gambar molekul dan klik 2D to 3D, jadi.
  4. Ambil gambar dengan aplikasi Snipping Tools bawaan windows atau aplikasi serupa. Tutorial singkat Snipping Tool seperti yang pernah di tulis di blog ini.
  5. Simpan gambar ke komputer. 
  6. Selesai.

Bila kurang begitu jelas silakan ikuti seperti pada video berikut:


Bila dengan cara tersebut tidak bisa dibuat gambar molekul atau ion, misalnya molekul dengan rumus umum AX6E, rumus yang jumlah atom luarnya lebih dari 6, salah satu caranya adalah mencari pada website http://www.chemtube3d.com/.
Ada dua cara kalau hendak mencari bentuk molekul (untuk senyawa kovalen) atau bentuk kristal (untuk senyawa ion).




Cara Pertama:
Menggunakan menu Search pada website Chemtube3d, silakan ketik rumus kimia pada kotak pencarian kemudian klik enter pada keyboard atau klik tombol Search Chemtube3D.

Hasilnya akan seperti berikut. Pilih tautan/link yang kira-kira paling sesuai dengan yang ingin dicari.


Berikut ini tampilan setelah klik Water - H2O

Gunakan ukuran tertinggi yang tersedia, standarnya terpilih ukuran sedang. Dalam contoh gambar tadi dipilih ukuran besar (500px). Silakan putar gambar molekul sesuai kebutuhan, dan ambil tangkap layar (screenshoot/screen capture) dengan menggunakan Snipping Tool seperti yang pernah di tulis di blog ini.

Cara Kedua:
Klik tautan Periodic Table dari website Chemtube3d ini kemudian pilih satu unsur yang terdapat rumus kimia yang kan dicari bentuk molekul atau kisi kristalnya.
Silakan pilih rumus kimia yang sesuai, yang tersedia pada website Chemtube3d.


Bila sudah ketemu klik sesuai rumus kimia, di sini dicontohkan mencari bentuk molekul SiHCl3.

Demikian tutorial ini semoga dapat membantu bagi siapapun yang membutuhkannya. Terima kasih.
Bagikan di
 
Copyright © 2015-2018 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info