Cara Mencari Ebook Kimia (juga Ebook Bidang Lain) dan Jurnal Internasioal secara Gratis

Senin, 26 November 2018

Sejak awal ngeblog hal ini adalah tema yang saya cari dahulu untuk memuaskan dahaga pengetahuan. Setelah dapat tautannya saya tulis untuk dibagikan dan ini salah satu yang paling banyak diburu para penjelajah jagad maya. Banyak situs diskusi atau thread di media sosial yang bertujuan untuk berbagi informasi, memberikan referensi menarik untuk memenuhi kebutuhan. Ada jalur legal dan jalur ilegal. Yang legal tentu harus membeli ebook secara resmi. Atau kalau mau berpayah-payah bisa menggunakan trik yang ada blog ini (lihat link berikutnya). Semua itu legal. Bagi kalangan yang mengikuti "kepercayaan" bahwa semua ada di internet, pilihannya mau mengambil jalur mana terserah saja, itu menjadi tanggung jawab masing-masing.


Beberapa tulisan di blog ini yang memberikan trik mencari buku legal (ebook tentunya) dari google book sila akses dari tautan berikut. Ini adalah cara legal hanya memanfaatkan peluang saja.
  1. Mendownload Buku Dari Google Book
    Bisa buku apa saja asal dan memang halamannya ditampilkan google book.
  2. Cara Lain Mendowload Halaman Google Book
    Bila ternyata tidak banyak yang dapat diunduh dengan cara pertama bisa melakukan dengan cara ini.
Penulis blog ini sering melakukan pescanan buku fisik untuk kebutuhan sendiri dan tidak akan pernah disebarkan kepihak lain. Tipsnya sebagai berikut: Tips Men-scan Buku untuk Pengajaran



Berikut ini sumber-sumber yang sering dijadikan rujukan untuk mencari ebook. Ke-enam-enamnya saling berafiliasi. Cukup pilih salah satu saja atau pilih yang secara tampilan yang lebih nyaman disimak.
  1. Sumber A
  2. Sumber B
  3. Sumber C
  4. Sumber D
  5. Sumber E
  6. Sumber F
Silakan masukkan kata kunci sesuai judul buku kemudian klik search, maka akan banyak sajian khas yang menggoda. Beberapa ada yang hanya memberi batasan akses untuk mengunduh hanya 5 buku. Gunakan ekstensi (bisa dengan browser Chrome atau Firefox) pengubah ip komputer seperti anonymox atau ip changer lain, atau dengan setting vpn bila detik itu masih bernafsu untuk memburu buku lainnya.




Untuk berburu jurnal internasional ada saluran resmi yang dapat digunakan untuk mengakses jurnal tersebut. Caranya bisa disimak di tulisan ini Berburu Jurnal secara Legal dan Gratis.

Khusus jalur "nonformal" ada saluran untuk akses jurnal sebagaimana banyak dilakukan non akademisi yang jelas-jelas tidak akan sanggup melanggan jurnal dengan harga luar biasa bahkan walau sekadar membeli artikel seharga puluhan dollar saja rasanya tak mampu.

Triknya adalah mencari artikel dari jurnal resmi kemudian setelah tahu DOI atau sejenis nomor register artikel pada jurnal tersebut disalin ke link yang merupakan gerbang jurnal. Atau boleh juga dengan menyalin alamat (URL) artikel secara lengkap. Di mana lagi kalau tidak di Sci-Hub yang memiliki semboyan ....to remove all barriers in the way of science (untuk melenyapkan penghalang bagi siapapun yang ingin tahu sains). Bila punya recehan dolar silakan untuk memberi donasi.

Tulisan ini semula saya peruntukkan bagi rekan anggota grup Asosiasi Guru Kimia Indonesia di Facebook.

Silakan gunakan secara bijak 😁
Bagikan di
 
Copyright © 2015-2018 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info