Beasiswa Tanoto Foundation Untuk Warga Sumatera Utara, Riau, dan Jambi

Selasa, 29 November 2016

Bagi sebagian besar orang di Indonesia, pendidikan tinggi di Indonesia masih merupakan barang mahal. Belum banyak yang bisa mendapatkannya dengan mudah karena terhalang dengan kendala biaya. Menurut Ketua Pengurus Tanoto FoundationSihol Aritonang, angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di Indonesia baru 33 persen pada 2015.

Jumlah itu jelas sangat rendah. Artinya, ada sekitar 70 persen murid lulusan Sekolah Menengah Atas yang tidak mampu meneruskan ke pendidikan tinggi.


Jika ditelisik lebih mendalam, angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di daerah pedesaan pasti semakin rendah lagi. Hal itu dikarenakan tingkat perekonomian orang daerah yang terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan warga kota. Fakta ini pula yang mendasari kehadiran Regional Champion Scholarship sebagai bagian dari kegiatan Tanoto Foundation.

Selama ini, Tanoto Foundation konsisten memberikan beasiswa Tanoto Foundation dengan misi memudahkan akses pendidikan yang bermutu ke semua orang. Dalam upaya untuk mewujudkannya, Tanoto Foundation telah menyediakan lebih dari 6.700 beasiswa untuk semua jenjang pendidikan termasuk mahasiswa dan mahasiswi yang berada di 35 perguruan tinggi di Indonesia.

Regional Champion Scholarship sendiri merupakan salah satu jenis beasiswa Tanoto Foundation yang secara khusus ditujukan bagi mereka yang berdomisili di Sumatera Utara, Riau, dan Jambi.

Dalam Regional Champion Scholarship, yayasan yang mendapat dukungan penuh dari Keluarga Sukanto Tanoto ini bekerjasama dengan 28 perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, mereka tidak hanya mendukung penerimanya dengan finansial belaka, namun membekali para penerima beasiswa dengan kemampuan soft skill seperti kepemimpinan, kerjasama, ataupun public speaking.

Nilai plus lain dari Regional Champion Scholarship adalah jaminan kepastian masa depan para penerimanya. Mereka berkesempatan untuk berkarier di sejumlah perusahaan di bawah grup Royal Golden Eagle. Selain itu, ada banyak kesempatan magang yang dapat diperoleh.

Tidak mengherankan, sejak dibuka pada 2011, sudah banyak pihak yang berlomba mendapatkannya. Hingga bulan Agustus 2015, tercata telah ada 173 orang yang memperoleh Regional Champion Scholarship.

Kalau tertarik untuk mendapatkannya, syarat yang mesti dipenuhi tidak merepotkan. Calon penerima mesti lolos seleksi berkas, psikotes, wawancara, hingga mau menandatangani perjanjian ikatan dinas selama empat tahun dengan salah satu perusahaan Sukanto Tanoto yang tergabung di grup Royal Golden Eagle.Jika prestasi akademik belum terlalu baik, Tanoto Foundation telah menyediakan pihak yang bisa membantu agar para calon penerima beasiswa bisa mendapat pendampingan.

Semua kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk nyata dari kepedulian seorang pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto, pada pendidikan di Indonesia. Pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas hidup, serta pendidikan dinilai sebagai cara terbaik untuk memutus kemiskinan di Indonesia.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info