Animasi Sel Elektrokimia (Reaksi Redoks)

Senin, 05 September 2016 edit

Berikut ini beberapa animasi yang pernah saya gunakan untuk pengajaran di kelas. Dikumpulkan dari berbagai sumber (lupa pranalanya semula), dan ini bukan karya saya. Saran untuk penggunaan sebaiknya diunduh lebih dahulu agar sewaktu-waktu digunakan tinggal buka saja. Bila dalam komputer tidak (belum) terpasang aplikasi flash player atau sejenisnya boleh menggunakan aplikasi ini. Bila bermasalah dalam instalasi aplikasi tersebut silakan simak tutorialnya di website luar ini. Atau dapat juga menjalankan animasi dengan format swf menggunakan aplikasi Ruffle berbasis Chrome dari sini. Cara mengunduh animasi-animasi di sini dapat dilakukan dengan klik kanan mouse pad kemudian pilih Save Link as... pada pranala yang tersedia. Atau langsung unduh dalam folder google drive dengan tautan di bawah.


Reaksi Redoks
Konsep Oksigen & Hidrogen
Reaksi Redoks
Konsep Elektron
Reaksi Redoks
Konsep Oksigen & Hidrogen
Reaksi Redoks
Konsep Elektron
Sel Galvani
Simulasi Sel Volta
Sel Daniel Elektrolisis Air
Sel Bahan Bakar H2 Baterai Pb
Baterai Solar (Matahari) Sel Volta
Reaksi Redoks Zn-Cu-Fe Reaksi Redoks Zn-Cu-H2SO4

Folder file-file animasi sel elektrokimia di atas dan juga yang lain dapat diakses melalui folder google drive ini. Selain folder tersebut tersedia file animasi tentang redoks dan sel elektrokimia lainnya. Silakan pilih  sesuai kebutuhan.

Video cara mengunduh animasi dan menjalankannya bila di komputer belum ada aplikasi flash player. Mungkin keadaannya berbeda ketika Anda menggunakan sekarang. Namun beberapa masih relevan dan dapat dijalankan dengan baik.


Bila ada animasi bagus tentang reaksi redoks dan sel elektrokimia bolehlah berbagi via kotak komentar di bawah ini. Terima kasih.
Bagikan di

3 komentar:

  1. Terima kasih banyak pak urip
    Pak tolong bahas tentang miskonsepsi yang sering terjadi pada materi termokimia
    Saya guru baru, masih perlu banyak belajar dari yang sudah banyak pengalaman
    Masih belum paham kenapa di beberapa buku dijelaskan terlebih dahulu tentang energi dalam, sedangkan ujung-ujungnya lebih sering membahas perubahan entalpi
    makasih pak

    BalasHapus
  2. maaf pak, kok saya download mengenai sel simulasi sel volta dan animasi sel volta tidak bisa terbuka yah? data yang ada sudah kadaluarsa atau bagaimana yah? terimakasih.

    BalasHapus

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info