Keterampilan Mengetik Guru Kimia

Selasa, 07 April 2015

Setiap profesi memiliki kualifikasi tersendiri, demikian juga guru kimia. Dalam beraktifitas guru kimia tentu punya kebutuhan menyiapkan perangkat pengajaran yang salah satunya dapat terpenuhi dengan menggunakan komputer. Ini terkait aktivitas tulis menulis si guru dalam mendukung kegiatannya. Jaman sekarang guru diwajibkan untuk dapat memanfaatkan teknologi termasuk penguasaan aplikasi olah kata. Jika belum dapat menggunakannya tinggal baca tutorial di internet, hampir semua ada. Yang penting pandai meramu kata kunci atas apa yang ingin dicari.

Sebagai guru kimia merasakan kebutuhan sangat berbeda dari guru lain walau hanya urusan mengetik saja, terutama jika berhubungan dengan rumus-rumus kimia atau gambar struktur molekul tertentu. Semua jika dilakukan secara manual tentu akan perlu waktu relatif lebih dan hasilnya pun kadang sering kurang bagus. Oleh karena itu diperlukan cara khusus dan hasilnya bagus. Fakta bahwa sering terlihat hasil ketikan guru kimia yang membuat struktur molekul menjadi kurang benar dan terkesan asal-asalan. Bisa jadi ia meminta bantu orang lain yang kurang paham kimia atau mungkin mereka belum kenal dengan beberapa aplikasi yang dapat meringankan pekerjaannya.

Tangkap layar autocorrect buatan saya.

Mengetik dengan aplikasi olah kata seperti Microsoft Office (MO) atau Libre Office atau yang lainnya tentu sudah jadi hal biasa dan menjadi kebiasaan bagi setiap orang termasuk guru. Kalau kita cermati mengetik itu adalah pekerjaan yang menjemukan karena banyak kita mengetik kata atau kalau guru kimia mengetik simbol rumus kimia yang itu-itu juga. Sebenarnya ini bisa diakali agar mengetiknya lebih efisien dan efektif. Saya biasa menggunakan penyandian dengan mengoptimalkan autocorrect pada MO, baik itu untuk kata atau bahkan kalimat atau rumus kimia tertentu. Memang diperlukan ingatan yang cukup sehingga kita dapat mengoptimalkan autocorrect yang telah kita buat sendiri. Mengenai ini saya pernah tulis dan paparkan caranya di sini. Kelemahan mengetik hanya menggunakan sebelas jari (telunjuk kiri dan telunjuk kanan) akan dapat diatasi dengan memanfaatkan tenaga autocorrect pada aplikasi olah kata.

Dalam pengetikan naskah atau soal atau apa saja saya juga sangat terbantu dengan beberapa aplikasi gratis untuk membuat gambar struktur molekul, beberapa alat kimia yang tinggal beberapa kali klik saja sudah jadi dan hasilnya tidak buruk. Misal saya perlu menyisipkan struktur molekul senyawa tertentu saya gunakan aplikasi Chemsketch atau Marvin Sketch, kemudian menggunakan aplikasi tangkap layar yang gratis pula saya capture gambar dan saya salin ke dalam layar kerja pengetikan itu. Sangat praktis. Tadinya saya juga tidak bisa, namun karena terbiasa semua bisa dilakukan dengan mudah. Diperlukan pembiasaan dan pantang menyerah agar hasil kerja kita dapat optimal.

Bagaimana jika ingin menulis dan dipublikasikan secara online seperti menulis di blog berbasis blogger ini? Dengan terpasangnya kode MathJax ditambah ekstensi Mhcem menulis simbol, rumus kimia, persamaan reaksi akan relatif mudah. Andai toolbar pada editor blogger tersedia tool yang mendukung untuk pengetikan simbol atau rumus ilmiah tentu akan senyaman pengetikan di aplikasi olah kata. Ah ini bisa diakali dengan "cara kuno" yaitu mengetik konsep di aplikasi olah kata kemudian mengonversi tulisan tadi menjadi kode html. Selanjutnya ini bisa disalin ke dalam editor blogger mode html. Selalu ada alternatif, tidak terlalu sulit.

Memang semua itu tergantung siapa kita dan mau menulis rumus kimia yang bagaimana? Jika tulisan yang dimaksud adalah tulisan dengan penuh rumus-rumus kimia yang relatif kompleks tentu menggunakan mathjax-mhchem akan banyak menolong. Jika rumus-rumus kimia sederhana saran saya menggunakan aplikasi olah kata sebagaimana biasanya. Ketik, konversi ke html dan salin ke editor blogger mode html dan selesai.

Harus ada perubahan diri. Jika sekarang tidak bisa apa, kemudian ingin bisa apa, yakin kalau mau belajar akan menjadi bisa dan terbiasa. Belajar memang tak ada batasnya. Pekerjaan berulang-ulang dapat dibuat cara praktisnya agar efektif dan efisien. Manusia bukan robot yang tidak akan jemu melakukan pekerjaan berulang-ulang saja. Selamat menerampilkan diri dalam kemampuan mengetik khusus bidang kimia. :)
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info